Musyawarah Rencana Pembanguna Desa (MUSRENBANGDES) Tahun 2019

BONDOWOSO – Desa Pejaten melakukan kegiatan MUSRENBANGDES ( Musyawarah Rencana Pembangunan Desa ) pada hari Kamis tanggal 17 Januari 2019 bertempat di balai Desa Pejaten. Kegiatan ini dilakukan untuk menyusun rancangan perencanaan dan pembangunan pemerintahan Desa tahun 2020. Kegiatan ini juga dihadiri oleh┬ácamat bondowoso beserta stafnya, kepala desa beserta perangkatnya, badan permusyawaratan desa (BPD), Babinkamtibmas, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, PKK, KPI, Bidan, Bumdes, ketua RT RW, dan lain-lain.

Musrenbangdes merupakan agenda tahunan yang bertujuan untuk menjaring aspirasi masyarakat dalam pembangunan infrastruktur maupun kegiatan pemeberdayaan masyarakat pada tahun berikutnya. Perencanaan pembangunan desa dilakukan dengan menggali potensi yang belum dimiliki oleh desa berdasarkan sumber daya yang dimiliki oleh desa untuk memajukan dan mensejahterakan desa. Aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat desa nantinya akan disusun oleh tim RKP berdasarkan skala prioritas yang harus diutamakan dalam pembangunan desa.

Keaktifan masyarakat Desa Pejaten dapat dilihat dari aspirasi-aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat desa. Berikut adalah aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat Desa Pejaten:

  1. Pengerasan jalan lingkungan.
  2. Pembangunan sarana gedung PAUD.
  3. Bantuan PMT Ibu hamil, balita dan lansia.
  4. Pembangunan sarana olah raga (sepak bola dan bola voli).
  5. Jambanisasi.
  6. Pengadaan sarana air bersih.
  7. Bantuan peralatan Pertanian.
  8. Bantuan peralatan Pertukangan.
  9. Bantuan modal usaha bagi penyandang disabilitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar