Pelatihan Seni Membatik Part 2

Desa pejaten kembali melaksanakan pelatihan seni membatik tahap 2. Pelatihan batik tersebut dilaksanakan oleh kelompok perempuan yang pernah mengikuti pelatihan membatik sebelumnya. Pelatihan tersebut dilaksanakan pada hari sabtu (07/04/2018) pukul 08.00-15.00 WIB di gudang Bumdes desa pejaten. Pelatihan seni membatik tahap ini dilaksanakan dengan menggunakan anggaran dana desa tahun 2018. Dalam pelatihan tersebut dihadiri oleh kepala desa, ketua PKK, kasi PMD kecamatan bondowoso, ketua karang tunas muda, dan anggota kelompok membatik.

Pelatihan seni membatik tahap 2 dilaksanakan untuk menguatkan kelompok yang sudah terbentuk pada pelatihan membatik yang pertama kali dilaksanakn pada bulan September tahun lalu. Pelatihan saat ini lebih dikuatkan pada teknik pewarnaan, metode pencampuran warna dan penyesuaian warna dengan motif. Karena nilai sebuah karya seni ditentukan oleh motif yang digambarkan dan warna yang digunakan.

Kepala desa berharap kegiatan ini dapat berkesinambungan agar warga yang sudah tergabung dalam kelompok batik memiliki keterampilan. Agar potensi yang dimiliki bisa dikembangkan sehingga bernilai ekonomis guna untuk menunjang perekonomian masyarakat dan desa khususnya. Pak kades juga menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan seni membatik ini sudah disampaikan kepada dinas PMD, dinas koperasi dan industri (Diskoperindag) dan dinas-dinas terkait. Agar nantinya hal yang sudah dilakukan memperoleh dukungan/ support penuh dari dinas tersebut untuk mempermudah kelompok memperoleh bantuan atau dalam hal promosi dan produksi. Sehingga mampu bersaing dalam lingkup regional, nasional bahkan internasional. (Red/Wike)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *