Sosialisasi Keluarga Sadar Hukum

BONDOWOSO – Desa Pejaten melakukan sosialisasi dan pembentukan keluarga sadar hukum (kadarkum) di balai desa pejaten pada selasa (13/03/2018). Pertemuan tersebut dihadiri oleh kepala desa, perwakilan BPD, PKK, pemuda karang taruna, dan masyarakat dengan fasilitator Pemerintah Kabupaten bagian hukum oleh pak Ahmad (Kabag Hukum) dan Pak Agus selaku Kasubag bantuan Hukum.

Dalam agenda sosialisasi pagi ini, pak agus menyampaikan bahwa pertemuan dilakukan untuk membentuk keluarga sadar hukum (kadarkum). Nantinya akan dikader untuk bisa mensosialisasikan beberapa hal yang berhubungan dengan hukum kepada masyarakat. Menemukan masalah dan memberikan solusi atas beberapa pelanggaran atau yang berkaitan dengan hukum. Adapun undang-undang yang dimaksuda antara lain undang-undang perlindungan anak, narkotika, informasi dan transaksi elektronik, keterbukaan informasi publik dan lalu lintas.

Kelima poin diatas diharapkan menjadi fokus kelompok kadarkum untuk melakukan sosialisasi ke masyarakat dan berkoordinasi dengan pemerintah desa. Karena selain menciptakan masyarakat yang sadar akan hukum, juga untuk mengikuti lomba desa sadar hukum di tingkat kabupaten. Apabila kriteria yang diberikan dalam perlombaan dapat dipenuhi oleh desa, maka desa yang bersangkutan akan memperoleh juara dan bisa mengikuti lomba di tingkat selanjutnya hingga nasional. (Red/Wike)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *