Monitoring dan Evaluasi SAID 2018

BONDOWOSO- Desa Pejaten melakukan Monitoring dan Evaluasi Sistem Administrasi dan Informasi Desa (SAID) bersama KOMPAK, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bondowoso, Kepala Kecamatan Bondowoso dan Tim Penilai SAID pada Senin (05/03/2018).

Monitoring dan evaluasi SAID dilakukan untuk mengetahui progress yang telah dilakukan oleh 171 desa di kabupaten Bondowoso utamanya dalam peningkatan informasi dan pelayanan desa. Desa Pejaten merupakan salah satu desa di Kecamatan Bondowoso yang sampai hari ini telah menggunakan SAID ini pasca dikenalkan oleh Mahasiswa KKN UMD UNEJ 2017 lalu.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Pejaten menyampaikan bahwa setahun SAID ini berjalan telah banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat dan pemerintah desa dalam melakukan pelayanan, antara lain mempermudah akses pelayanan desa dan informasi masyarakat. Dalam aplikasi SAID juga tersedia website yang fungsinya untuk menginformasikan terkait kegiatan/agenda desa dan pengumuman desa. Namun dibalik kelebihan pasti ada kekurangan, tak ada sesuatu yang sempurna. Adapun kendala yang dihadapi saat mengoperasikan SAID antara lain data belum bisa diperbarui (menambah atau mengurangi data penduduk), format surat yang harus disempurnakan dan akun website yang tidak bisa dibuka selama beberapa bulan terakhir.

Hal ini juga mendapat dukungan dari Camat Bondowoso terkait adanya implementasi SAID yakni untuk meningkatkan kapasitas. Apabila dibutuhkan perangkat yang kompetitif maka diperlukan pembinaan yang nantinya akan lebih mempermudah desa dalam pelayanan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *