Studi Banding Kelompok Batik

BONDOWOSO – Kepala Desa Pejaten bersama Kelompok Batik melakukan studi banding ke Dawea Batik yang berlokasi di desa Pucang Anom Kecamatan Jambesari pada Minggu (25/02/2018).

Pasca kegiatan pelatihan membatik yang dilaksanakan pada bulan september tahun 2017 lalu, kelompok yang dibentuk terus aktif melakukan latihan membatik bersama anggotanya. Dalam latihan tersebut, sering kali ditemukan hal-hal baru yang belum diperoleh saat pelatihan. Misalnya, pada saat terjadi kekeliruan saat mencanting yang menyebabkan malam tidak berada pada garis yang telah dibuat atau saat ingin mencampur warna untuk memperoleh warna baru. Beberapa hal tersebut yang menjadi kendala saat proses membatik.

Dengan adanya kendala diatas, maka kepala desa bersama ibu kades dan kelompok membatik berinisiatif untuk melakukan studi banding ke Dawea Batik. Dawea batik adalah kelompok batik yang terletak di desa Pucanganom Kecamatan Jambesari. Merupakan salah satu sanggar batik yang telah memberikan kami wawasan tentang membatik. Banyak hal yang kami lakukan disana antara lain berdiskusi tentang berbagai kendala yang dihadapi oleh anggota batik desa pejaten untuk mempermudah mereka dalam proses membatik. Selain itu, kita juga diberi contoh hasil-hasil membatik karya Dawea Batik beserta proses pembuatannya.

Harapan dengan dilakukannya studi banding tersebut menjadikan kelompok batik desa pejaten bisa lebih banyak belajar tentang dunia batik sehingga mampu memproduksi batik khas desa pejaten demi meningkatkan perekonomian masyarakat. (Red/Wike)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *