Nilai Estetika Karya Batik Ditentukan oleh Motif dan Pencantingan

BONDOWOSO – Pelatihan seni membatik hari kedua dilakukan pada sabtu (30 September 2017) jam 09.00 WIB di aula balai desa pejaten. Jumlah peserta yang hadir ialah 90% dari hari pertama.

Dalam pelatihan hari kedua ini, peserta sudah siap membawa kain yang telah diberi gambar/ motif. Beberapa peserta yang telah menyelesaikan penggambaran pola atau motif, bisa dilanjutkan dengan pencantingan yang dipandu oleh tutor. Dalam membatik, penggambaran motif dan pencantingan merupakan proses yang memerlukan ketelitian yang tinggi karena proses inilah yang menentukan nilai estetika sebuah karya seni.
Proses pencantingan ialah pemberian malam/lilin pada kain. Berikut cara yang dapat dilakukan :
1. Malam/lilin dipanaskan dalam wajan khusus sampai mencair
2. Sebelum dioleskan pada kain, api pada kompor dikecilkan untuk tetap menjaga panas dalam wajan agar kain tidak rusak jika terlalu panas dan lilin juga cepat akan membeku apabila api dipadamkan.

Selama proses pencantingan para peserta saling bercengkrama satu sama lain, sembari mengerjakan tugas utama. Terdengar ungkapan yang disampaikan oleh salah satu peserta yakni, “Pantesan harga batik mahal ya, dari pemberian motif/gambar saja tidak mudah. Sekarang proses pencantingan juga lebih sulit dari yang kita bayangkan. saya jadi teringat pada orang-orang terdahulu, seperti yang kita lakukan saat ini. Oleh karena itu teman-teman, mulai sekarang kita jangan sekali-kali jika hendak membeli batik menawar dengan harga yang sangat rendah. Hargai kerja keras mereka, apalagi sekarang kita telah mengetahui dan melakukan sendiri prosesnya.“

Waktu yang ditentukan dalam pelatihan ialah 3-4 jam. Melihat kondisi peserta yang sangat menikmati pelatihan, secara tidak sadar waktu telah melebihi kesepakatan yang ada. Sehingga beberapa peserta harus melanjutkan pencantingan dirumah agar tahapan selanjutnya yakni pemberian warna dapat dilakukan secara bersama-sama. Kami bangga kepada seluruh peserta yang masih semangat dan sangat antusias sekali mengikuti pelatihan ini. Semoga kegiatan dapat berekseinambungan dan memberikan manfaat kepada khalayak masyarakat. (Red/Wike)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *