Opening Ceremony Pelatihan Seni Membatik

BONDOWOSO – Opening ceremony pelatihan seni membatik yang diselenggarakan oleh Karang taruna TUNAS MUDA bekerja sama dengan PKK Desa Pejaten pada jumat (29/09/2017) di aula desa pejaten. Dalam opening ceremony dihadiri oleh Kepala desa selaku Pembina Karang Taruna, karang taruna kabupaten selaku perwakilan dari karang taruna kabupaten, Sekretaris Camat Bondowoso, sekretaris desa pejaten, ketua Karang taruna TUNAS MUDA, dan peserta pelatihan membatik sebanyak 30 orang.

Dalam proses acara, Kepala desa pejaten selaku pembina karang taruna TUNA MUDA memberikan sambutan kepada seluruh undangan dan peserta pelatihan bahwa kegiatan pelatihan membatik nantinya bisa disinergikan dengan Bumdes. Kepala kecamatan diwakili oleh sekretaris kecamatan, beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat positif sekali melihat bahwa karang taruna ini adalah wadah bagi pemuda untuk mengeksplorasikan seluruh kemampuan untuk mengembangkan potensi desa. Ketua karang taruna kabupaten diwakili oleh ketua karang taruna kecamatan bondowoso sekaligus membuka acara pelatihan seni membatik. Dalam sambutannya disampaikan bahwa kegiatan pelatihan seni membatik ini adalah pertama kali dilakukan oleh karang taruna se-kabupaten. Dilanjutkan dengan pemberian cinderamata oleh bengkel binaan karang taruna yakni Bengkel Taruna Motor sebagai bentuk penghargaan kami kepada undangan yang diserahkan langsung oleh ketua Karang Taruna TUNAS MUDA desa pejaten.

Hari pertama, pelatihan membatik diisi dengan pemberian materi dasar diantaranya sejarah batik, pengertian batik dan jenis-jenisnya, bahan dan alat yang digunakan beserta fungsinya, juga proses membatik. Hal ini sebagai bekal bagi peserta sebelum melakukan proses membatik. Sebelum acara ditutup, setiap peserta diberikan kain ukuran 50 cm dan motif secara berkelompok untuk penggambaran gambar/motif pada kain yang dikerjakan dirumah agar pada hari kedua tahapan selanjutnya dilaksanakan serentak. Harapan kami ialah peserta yang hadir saat ini tidak berkurang dikarenakan hal tersebut akan berperngaruh pada proses membatik selanjutnya. (Red/Wike)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *