Pelatihan Membatik Akan Segera Digelar

IMG-20170925-WA0003

BONDOWOSO – Karang taruna tunas muda desa pejaten melakukan rapat koordinasi dengan PKK pada minggu (24/09/2017). Rapat koordinasi dilakukan untuk menyampaikan beberapa hal terkait persiapan untuk pelaksanaan pelatihan membatik pada tanggal 29 September 2017 sampai 01 Oktober 2017.

IMG-20170925-WA0004

Dalam pelatihan membatik, hari pertama dilakukan penyampaian materi dasar tentang batik. Hari kedua dan ketiga pelaksanaan praktek membatik yang akan dilaksanakan di aula balai desa pejaten. Untuk memudahkan proses membatik, PKK membagi anggotanya dalam 6 kelompok dari setiap dusun atau letak wilayah yang berdekatan dengan tujuan agar komunikasi dan koordinasi setiap anggota dalam kelompok tersebut lebih mudah.

Melihat kondisi bondowoso saat ini, mayoritas pengrajin batik berada di daerah selatan dan timur, sedangkan wilayah barat dan utara masih belum. Keadaan inilah memberikan kita kesempatan untuk dapat membuka peluang bagi warga dalam mengembangkan potensi batik. Harapan pasca pelatihan tersebut adalah adanya follow up anggota yang berpotensial untuk mengembangkan batik dan direlasikan dengan badan usaha milik desa (bumdes) sehingga pejaten memiliki ikon batik sendiri. Selain itu, batik hasil produksi warga juga bisa dipromosikan kepada pemerintah desa atau lembaga yang berada di lingkungan desa sebagai bentuk apresiasi kepada warga setempat. (red/wike)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *