Masyarakat Aktif Memudahkan Program Pemerintah Desa

 

BONDOWOSO – Desa Pejaten melaksanakan musyawarah dusun malam terakhir di Dusun Sumber Ayu pada rabu (20/09/2017). Pelaksanaan kali ini hanya difokuskan pada satu dusun saja dikarenakan hanya dusun sumber ayu yang belum melaksanankan musyawarah dusun. Mengingat target yang ingin dicapai oleh pemerintah desa ialah sebelum musyawarah desa, maka untuk menyerap segala masyarakat melalui musyawarah dusun.

Peserta musyawarah kali ini dihadiri lebih banyak dari dusun yang lain diantaranya kepala desa beserta perangkatnya, Badan Permusyawaratan Daerah (BPD), tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, tokoh pemuda, dan lain-lain. Hal ini berdampak pada jumlah usulan/ masukan yang disampaikan oleh masyarakat. Namun sebelumnya kepala desa menyampaikan sumber dana yang diperoleh desa untuk pelaksanaan program seperti yang disampaikan pada musyawarah di dusun lain.

Suasana musyawarah terasa lebih aktif. Para undangan sangat antusias dalam menyampaikan aspirasinya. Mayoritas masyarakat memberikan usulan terkait pembangunan infrastruktur diantaranya pemasangan paving, lampu penerangan, plengsengan, gapura masjid, saluran air, pengadaan air bersih, MCK, pompa air, mesin sedot, gorong-gorong, pembangunan selokan dan saluran air. Selain itu juga untuk menunjang pemberdayaan, masyarakat juga memberikan masukan untuk pengadaan etalase dan rombong kue bagi pelaku ekonomi. Juga demi menjaga keamanan, salah satu warga mengusulkan untuk diadakannya pos kamling.

Antuasias warga dalam pelaksanaan musyawarah dusun sangatlah tinggi sekali. Kepala desa selaku pemimpin rapat menyampaikan kepada warga bahwa usulan yang telah disebutkan nantinya akan dibahas kembali pada saat musyawarah desa. Dalam musyawarah tersebut, peserta terdiri dari tokoh masyawarakat yang akan terus mengkawal beberapa usulan warga untuk dijadikan prioritas. Sebelumnya kepala desa juga menyampaikan permohonan maaf kepada warga jika ada beberapa usulan yang tidak terlaksana pada tahun ini, semoga dapat terealisasi pada tahun depan. (Red/Wike)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar