Musyawarah Dusun Untuk Mendengar Aspirasi Masyarakat

 

BONDOWOSO – Desa Pejaten menyelenggarakan Musyawarah Dusun pada Senin (18/09/2017). Musyawarah dusun dilaksanakan secara bersamaan oleh tiga dusun yakni dusun krajan, blok makmur dan karang gili. Dihadiri oleh BPD desa pejaten, perangkat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan perwakilan perempuan. Tujuan diadakan musyawarah dusun ialah sebagai salah satu bentuk silaturahmi pemerintah desa dengan warga untuk mengetahui aspirasi masyarakat yang nantinya akan disampaikan saat Musyawarah Desa (MUSDES).

Musyawarah dusun dilaksanakan untuk mendengar saran, masukan, uneg-uneg atau usulan yang bisa disharingkan bersama untuk diusulkan saat musrenbang desa 2018 yg berasal dari warga yg sebelumnya belum pernah terprogram. Diharapkan semua undangan mampu menyampaikan aspirasinya. Dalam musyawarah dusun saran yang diusulkan oleh masyarakat mayoritas berupa fisik diantaranya sarana akses jalan rusak, sumber air bersih, rumah tidak layak huni (RTLH), fasilitas penerangan, base camp untuk pemuda, dan bantuan alat untuk kelompok kifayah perempuan.

Semua usulan dihimpun dan akan dibahas bersama BPD untuk diprogramkan tahun 2018. Tidak semua program bisa dilaksanakan karena adanya batasan waktu, utamanya pendanaan yang tidak bisa dilaksanakan satu tahun tapi berkelanjutan. Prioritas utama desa ialah sesuai kebutuhan masyarakat. Kepala BPD Desa Pejaten juga menyampaikan bahwa bagi usulan warga yang belum terealisasi, jangan berkecil hati. Bukan kami meng-anak tiri kan sebuah wilayah, namun karena adanya keterbatasan waktu dan anggaran yang kami miliki. Namun pemdes akan tetap menjaring aspirasi masyarakat untuk bisa dijadikan saran dalam RKP Desa. (Red/Wike)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar