PELATIHAN MEDIA SEBAGAI SARANA UNTUK MENYUARAKAN KEBUTUHAN DAN KEPENTINGAN KELOMPOK MARJINAL

 

Koalisi Perempuan Indonesia yang tergabung dalam Konsorsium Pemberdayaan Kelompok Marjinal Desa yang didukung KOMPAK dalam pembangunan desa dengan program “Memperkuat Kemitraan Strategis Warga Aktif dan Pemerintahan Desa untuk Mengembangkan Inovasi dalam Penganggaran Desa Partisipatif” melakukan pelatihan media bersama Nieke Djahya dan Rangga dari Center for Civic Engagement and Studies (CCES) atau Pusat Kajian Penguatan Kewargaan pada hari selasa-rabu tanggal 22-23 Agustus 2017 di Aula Balai Desa Pejaten.

Pelatihan media dihadiri oleh peserta dari Pemerintah Desa, Kelompok Intermediary (KI) yang terdiri dari Pemberdayaan Kesejahteraan  Keluarga (PKK) dan Karang taruna, serta kelompok marjinal (KM). Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan KI mampu menggunakan media dan alat komunikasi sebagai sarana untuk menyuarakan kebutuhan dan kepentingan KM. Acara yang berlangsung selama dua hari juga banyak dimanfaatkan untuk melakukan identifikasi dan observasi masalah terkait Pendidikan, kesehatan dan Administrasi Kependudukan. Dengan beberapa isu pembangunan desa yang menjadi titik fokus dalam pelatihan ini diharapkan mampu melakukan perubahan secara signifikan demi perkembangan desa.

CCES, KPI dan Tim Jurnalisme Warga Pejaten Post

Outcome  yang dihasilkan dari pelatihan ini ialah dibentuknya tim Jurnalisme warga dalam mengelola informasi sebagai alat perubahan sosial yang akan dikelola oleh peserta pelatihan. Harapannya agar pasca pelatihan, tim jurnalisme warga dapat menyuarakan aspirasi masyarakat khususnya kelompok marjinal. (Red/Wike)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar