SOSIALISASI PENTINGNYA PENDIDIKAN DAN KESEHATAN DIUSIA REMAJA

sosialisasi 1

BONDOWOSO – Mahasiswa KKN Universitas Jember melakukan kegiatan sosialisasi mengenai pentingnya pendidikan dan kesehatan untuk remaja, Kamis (10/8/2017) pagi. Acara tersebut berlangsung di SMP Islam Darul Ihsan yang bertempat di dusun sumberayu, Pejaten. Pemateri dalam acara tersebut adalah Daris Wibisono,S.S.,M.Pd.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa agar dapat berprestasi dimasa depan selain itu untuk pengentasan pernikahan usia dini. Pendidikan memberikan kemampuan, pengetahuan serta keahlian dimana hal itu mutlak diperlukan oleh siswa untuk menjalankan masa depannya. Pendidikan dapat mencetak sumber daya manusia yang berkualitas, sehingga ketika seluruh generasi muda memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, maka negara akan makmur. Dengan kata lain, pendidikan sangat penting bagi pembangunan modal manusia untuk kemajuan bangsa.

Selain itu, kesehatan merupakan salah satu faktor utama pendorong kesuksesan. Pernikahan dini berakibat buruk bagi kesehatan mental dan jiwa siswa. Dengan sosialisasi akan bahaya pernikahan dini diharapkan dapat mengurangi jumlah anak yang menikah di usia dini. Diskusi utama tentang kesehatan dalam sosialisasi tersebut adalah pernikahan dini. “Tercatat di Kabupaten Bondowoso bahwa pada tahun 2015, sebanyak 2250 anak melakukan pernikahan di usia dini sedangkan pada tahun 2016 tercatat sebanyak 1504 anak”. Ujar Daris Wibisono sewaktu menyampaikan materi.

sosialisasi 2

Pada dasarnya pendidikan dapat membangun karakter siswa. Karakter yang baik yang ditandai dengan memiliki sopan santun dan akhlak yang baik, memiliki sikap dewasa dalam mengatasi berbagai masalah kehidupan dan memiliki jiwa yang optimis dalam menjalani kehidupan.

Pendidikan dapat mengubah pola pikir siswa dari kurang baik menjadi baik. Salah satu contohnya adalah bahaya pernikahan di usia dini. Dengan diadakan sosialisasi maka dapat mengubah menjadi insan yang optimis menatap masa depan, insan yang haus akan pengetahuan dan insan yang memiliki keahlian yang tinggi dalam kariernya. “Ini acara yang bagus, saya sangat senang ikut berpartisipasi dalam acara ini. Karena dengan diadakannya acara seperti ini, kehidupan genarasi muda akan lebih baik. Dapat memberikan pengetahuan bagi mereka dan sesuatu yang dibutuhkan dalam pekerjaannya kelak”. Ujar Daris Wibisono sewaktu menyampaikan materi.

Tujuan Pendidikan Nasional telah tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 yaitu Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Pendidikan dapat memberi pengetahuan dan kebijaksanaan. Hal itu mutlak diperlukan oleh seluruh siswa bagi masa depannya. (Red/Adil, Jur/Ham).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar