PELATIHAN ALAT AKUNTABILITAS SOSIAL

Penyampaian Materi dari KPI
                                                                 Penyampaian Materi dari KPI

Koalisi Perempuan Indonesia atau disingkat KPI melakukan sosialisasi alat akuntabilitas sosial, Sabtu (5/8/2017) bertempat di Aula Balai Desa Pejaten. Peserta kegiatan ini adalah Pemerintah Desa Pejaten, Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Karang Taruna sebagai Kelompok Intermediary dan Balai Perempuan dengan pemateri Wiwik Afifah, S.Pi.,S.H., M.H., selaku Sekretaris Wilayah Jawa Timur. Kegiatan ini dilatih guna mempraktikkan proses perencanaan dan penganggaran desa yang akuntabel dan inklusif.

Koalisi Perempuan Indonesia adalah organisasi sosial perlindungan perempuan dan anak yang fokus pada isu trafficking/ perdagangan orang, penghapusan kekerasan terhadap perempuan dan anak, partisipasi perempuan, dan kemiskinan. KPI tergabung dalam konsorsium Pemberdayaan Kelompok Marjinal Desa didukung oleh KOMPAK (Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan) –program kemitraan antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Australia dalam pembangunan desa dengan program “Memperkuat Kemitraan Strategis Warga Aktifdan Pemerintah Desa untuk Mengembangkan Inovasi dalam Penganggaran Desa Partisipatif.”

Kpi 2

Konsorsium ini disepakati bahwa kegiatan proyek konsorsium dilaksanakan di 20 desa yang berada di 10 kabupaten dan 3 provinsi, salah satunya ialah Bondowoso, tepatnya Desa Pejaten (Kecamatan Bondowoso) dan Desa Bukor (Kecamatan Wringin) dengan tujuan ialah mendukung terbukanya kesempatan lebih besar lagi bagi kelompok marginal desa dalam siklus penganggaran desa partisipatif (perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pengawasan). Proyek konsorsium ini akan menjadi agenda rutinan di desa karena pelaksanaan proyek akan dilakukan selama satu tahun ke depan sampai bulan Juni 2018.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar