SOSIALISASI DAN PEMBEKALAN SAID UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

Pelaksanaan sosialisasi SAID
                                                                Pelaksanaan sosialisasi SAID

BONDOWOSO – Mahasiswa KKN Universitas Jember melakukan sosialisasi mengenai program SAID, Senin (7/8/2017) malam. Acara tersebut dimulai dari pukul 19.00 WIB – 21.00 WIB dan dihadiri oleh kepala desa beserta seluruh perangkat desa, RT, Kotaku ( Kota Tanpa Kumuh ), LKM ( Lembaga Keswadayaan Masyarakat ) dan Karang Taruna. Kegiatan yang bertema “Membangun data memandirikan desa untuk kesejahteraan masyarakat” tersebut mendapat sambutan yang hangat dari seluruh pihak terkait.

Mahasiswa yang menyampaikan materi dalam sosialisasi tersebut adalah Muhammad Himmamul Adil dan Dzurrotun Nasyika. Kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk kemajuan desa, karena dengan adanya sosialisasi tersebut seluruh pihak yang terlibat dalam SAID dapat memahami apa yang ada didalam SAID dan bagaimana cara melakukan proses pengaturan data. Sehingga data tersebut tidak terjadi kesalahan dan dapat digunakan sesuai dengan kepentingan terutama  untuk program kemiskinan.

sosialisasi 2

Sistem administrasi dan informasi desa sangat bermanfaat bagi desa dan masyarakat umum seperti: Pelaksanaan tugas kantor didesa dapat lebih efisien, efektif, pemerintah desa lebih transparan, pemerintah desa lebih akuntabel Layanan publik lebih baik dan warga dapat berpartisipasi lebih aktif dalam membangun desa.

Dengan sistem administrasi dan informasi desa, informasi kependudukan, perencanaan asset, anggaran akan terpublikasi. Ketersediaan data dan informasi desa yang mudah diakses akan meningkatkan potensi warga untuk berpartisipasi dalam pembangunan desa. Sehingga mendorong masyarakat untuk lebih aktif dalam proses kehidupan desa. Karena dengan adanya keterlibatan dari masyarakat maka dapat mendekatkan pemerintah dengan rakyatnya. (Red/Adil, Jur/Ham).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar