Handicraft, Kebanggaan dusun pasaran

Pengrajin dan Mahasiswa KKN dalam kunjungan,mencari potensi desa, 7 juli 2017
                Pengrajin dan Mahasiswa KKN dalam kunjungan,mencari potensi desa, 7 juli 2017

BONDOWOSO –Desa pejaten memang menyimpan berbagai potensi baik dari potensi alam maupun potensi sumber daya manusianya. Berbagai potensi tersebut tersebar diberbagai dusun, salah satu potensi keterampilan sumber daya yang terdapat di desa Pejaten adalah kerajinan tangan “Handicraft” dari bahan kayu yang terletak di dusun pasaran. Tepatnya kerajinan tersebut terletak di desa pejaten RT 13 RW 3. Pemilik kerajinan tersebut adalah Tuki Renata yang memiliki 3 pegawai.

Kerajinan tersebut telah dilakukan selama 10 tahun. Setiap hari beliau memproduksi berbagai kerajinan seperti asbak, tempat botol, tempat bubuk kopi dan berbagai barang lain dari bahan kayu. Hasil dari kerajinan tersebut ia ekspor ke bali. Setiap bulan ia mengirimkan sebanyak 2 kali pengangkutan. Setiap pengangkutan berbeda-berbeda sesuai pesanan. Pada tanggal 26 juli 2017 ia mengekspor sebanyak 1.000 asbak.

kerajinan 2

Dalam produksinya ia juga menerima berbagai barang sesuai dengan yang diminta oleh pelanggan. Ia akan lebih mudah membuat barang apabila pelanggan mengirimkan contoh barang yang akan dibuat. “Kami setiap hari memproduksi asbak, tempat penyimpan botol, tempat bubuk kopi. Namun pelanggan juga bisa meminta barang apa yang akan dibuat. Saya akan lebih mudah untuk membuat apabila pelanggan memberikan contohnya”. Ujar Pak Tuki sewaktu ditemui disela-sela kerjanya.

Harga setiap barang berbeda sesuai dengan kayu yang digunakan, kerumitan pembuatan dan besarnya barang. Untuk asbak ia jual antara Rp. 7.500,00 – Rp. 10.000,00.

kerajinan 3

Kerajinan tangan adalah suatu keahlian yang unik untuk dikembangkan. Dimana pada saat ini berbagai benda diproduksi dengan menggunakan mesin. Berbagai kecanggihan ditawarkan oleh teknologi. Akibat dari peristiwa tersebut terjadi persaingan yang semakin ketat antara pelaku usaha/industri. Apalagi seiiring terjadinya kerjasama antara negara-negara di dunia, maka persaingan akan semakin tajam. Oleh karena itu, dibutuhkan hal yang berbeda didalam persaingan. Baik itu dari segi kualitas maupun proses produksinya. Unik adalah hal dicari oleh para investor dan pelanggan. (Red/Adil, Jur/Ham).

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar