SOSIALISASI PENTINGNYA PERKADES DAN SOP PPIDesa

IMG-20170724-WA0037

BONDOWOSO- Mahasiswa KKN Universitas Jember melakukan sosialisasi mengenai Perkades dan SOP PPIDesa, hari ini (24/7/2017) bertempat di aula balai desa Pejaten. Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mempermudah kepala desa dan perangkatnya dalam pembuatan perkades dan PPIDesa. Sebelum diadakan kegiatan ini, sudah dilakukan diskusi mengenai pentingnya informasi desa bagi setiap warga yang dilakukan oleh mahasiswa KKN beserta seluruh perangkat desa, karang taruna, BUMDES dan perwakilan masyarakat. Seluruh warga masyarakat berhak untuk menyebarluaskan informasi dan mengetahui informasi. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Kegiatan yang dilakukan ini, dihadiri oleh Kepala Desa, Perangkat Desa, karang Taruna beserta perwakilan warga sekitar. Acara tersebut dimulai pada pukul 09.00 WIB – 11.30 WIB. Menurut Kepala Desa Pejaten, informasi kegiatan warga sangat penting untuk diketahui oleh masyarakat umum, khususnya daerah Kabupaten Bondowoso. Mengacu dalam hal tersebut, bahwa informasi berhak untuk dipublikasikan oleh desa dan desa wajib untuk memelihara setiap informasi yang ada agar tercipta kerukunan rakyat.

IMG-20170724-WA0035

Perkades menjadi alat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan menumbuhkan semangat warga untuk ikut serta dalam proses demokrasi. Masyarakat berhak untuk ikut serta dalam proses demokrasi agar tercipta sebuah masyarakat yang madani. Hal itu bisa tercapai jika seluruh pihak baik itu perangkat desa maupun masyarakat desa terlibat secara aktif didalamnya.

Desa menjadi alat yang sesuai untuk membangun sebuah Negara, karena keutamaan didalamnya, seperti: kemudahan mengetahui masalah, kemudahan dalam berinteraksi dengan masyarakat serta kemudahan dalam membuat kebijakan yang sesuai dengan masalah yang ada. Informasi berhak untuk diketahui oleh siapa saja, terlebih bagi perangkat desa. Hal itu dikarenakan dapat mempermudah bagi pemerintah (khususnya Pemerintah desa) untuk mengontrol berbagai masalah yang terdapat di desa.

IMG_20170724_105559

Setelah kegiatan tersebut, Kepala desa beserta perangkat desa membentuk pengurus PPIDesa yang bertugas untuk menjalankan Pusat Pelayanan Informasi di desa. Adapun susunan pengurusnya yaitu:

  1. Petugas Administrasi: Hasan Basrizal Setia
  2. Petugas Operator: Fery Puji Hendarton
  3. Petugas Redaksi: WikeWijayanti

Pusat pelayanan informasi desa bertugas untuk menampung informasi dari warga desa dalam bentuk berita yang nanti akan di upload pada website desa oleh operator desa. Dalam penyampaian informasi ini tidak semua bisa diterima untuk di upload, berita yang diterima oleh PPIDesa harus di filter dan diverifikasi sebelum diupload oleh operator desa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar